Tidak berapa lama lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan, yang mana bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinantikan oleh seluruh umat Islam kedatangannya, kenapa ? karena dibulan Ramadhan ini banyak sekali keistimewaan yang akan kita peroleh, diantara keberuntungan itu adalah sebagai mana Nabi bersabda :
Telah datang kepada kalian ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah wajibkan kepada kalian puasa di bulan ini. Di bulan ini, akan dibukakan pintu-pintu langit, dan ditutup pintu-pintu neraka, serta setan-setan nakal akan dibelenggu. Demi Allah, di bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik dari pada 1000 bulan. Siapa yang terhalangi untuk mendulang banyak pahala di malam itu, berarti dia terhalangi mendapatkan kebaikan. (HR. Ahmad, Nasai 2106, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth). 
Do'a menyambut Bulan Ramadhan

Hadits tersebut memberitakan kabar gembira kepada umat Islam, bahwa ada beberapa keistimewaan yang akan kita dapatkan tatkala kita mau dan mampu menjalankan ibadah di bulan Ramadhan itu penuh dengan keimanan kepada Allah SWT. Maka, merugilah bagi mereka yang tidak menggunakan kesempatan bulan baik dan seribu kebaikan yang ada didalamnya ini.
Terkait dengan menyambut kedatangan bulan Ramadhan, maka ada satu do’a yang diajarkan oleh Rasulullah untuk kita umatnya yaitu sebgai berikut :
Nabi dan para sahabatnya sangat bersemangat lagi bergembira dalam menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan, karena mereka sangat menyadari akan keistimewaan yang akan mereka dapatkan di bulan Ramadhan. Maka oleh sebab itu kita juga harus bergembira menyambut kedatangan bulan Ramadhan tersebut. ” Marhaban Ya Ramadhan “. Bulan Ramadhan juga merupakan bulan yang mulia yang Allah Khususkan kepada kita sebagai umat nabi Muhammad SAW.
Rasulullah pernah menyampaikan kepada umatnya terdahulu bahwa seandainya saja umat islam mau menyadari betapa banyaknya keistimewaan pada bulan Ramadhan niscaya kalian menghendaki seluruh bulan itu menjadi bulan Ramadhan semuanya. Keutamaan lainnya pada bulan Ramadhan adalah pada bulan ini, pintu surga dibuka selebar-lebarnya dan pintu neraka ditutup rapat. Maka inilah kesempatan emas bagi kita umat islam untuk mendapatkan ampunan Allah serta memperoleh surganya dan terhindar dari neraka.
Oleh karena banyaknya keistimewaan pada bulan Ramadhan maka janganlah kita sia-siakan saat kedatanngannya nanti, perbanyak ibadah pada siang dan malam harinya, sehingga kita memperoleh keistimewaan yang terdapat didalamnya tersebut. Seperti melaksanakan puasa wajib pada siang hari, membaca Al-Qur’an, mendirikan Qiyamul Lail ( shalat tarawih, berzikir dan berdo’a ) serta berbagai aktifitas ibadah lainnya yang pahalanya akan dilipat gandakan oleh Allah SWT.
Demikianlah artikel ini, mengenai do’a menyambut kedatangan bulan Ramadhan, semoga kita memperoleh semua kebaikan didalamnya.Aamiin.

Related posts:

error: Content is protected !!