Masyarakat Indonesia memiliki ritual yang beragam, ritual itu terdapat dalam berbagai kegiatan, seperti ritual pada pernikahan, ritual dalam perdagangan, ritual dalam mencari nafkah dan ritual lainnya.
Semah Laut, Ritual Nelayan Di " Rokan Hilir " Riau
Ritual Semah Laut, Warga Rokan Hilir Riau
Ritual merupakan kegiatan yang dilakukan dalam rangka simbolis dan memiliki tujuannya masing-masing, merupakan kepercayaan masyarakat setempat terhadap sesuatu yang menjadi ritual masing-masing daerah di Indonesia. Ritual dilaksanakan juga dalam rangka memenuhi kewajiban terhadap Agama, budaya dan adat-istiadat setempat.
Di Riau ada suatu Ritual yang berhubungan dengan laut dan mata pencaharian mereka sebagai nelayan, namanya Ritual ” Semah Laut, semah laut merupakan kegiatan ritual pemujaan terhadap laut yang bisa kita temui di kabupaten Rokan Hilir ( Riau ), tepatnya didaerah Panipahan.
Didaerah Panipahan ini ritual semah laut dilakukan oleh sekelompok nelayan yang dipimpin oleh Bathin. Mereka menggunakan pakaian yang khas dengan paduan warna kuning dan hijau.
Ritual semah laut ini juga dilakukan dengan iringan mantera dalam lagu dengan paduan suara gendang, gong, dan lat musik khas melayu Riau lainnya.
Semah laut ini dilakukan oleh warga setempat bertujuan untuk mendapatkan berkah dan hasil laut yang melimpah, menurut kepercayaan mereka. 
Mereka melakukan ini, karena meyakini bahwa dilaut banyak terdapat makhlus halus yang harus diusir dengan melakukan semah laut ini.
Semah Laut, Ritual Nelayan Di " Rokan Hilir " RiauDalam semah laut juga ditampilkan seni bela diri khas riau dengan berkelahai antara satu dan lainnya, bahkan dalam perkelahian akan ada saja yang kerasukan makhluk halus. Kegiatan ini rutin mereka lakukan setiap mereka merasa hasil tangkapan mereka telah banyak yang mengalami penurunan dari hari-hari sebelumnya.
Demikianlah Informasi tentang Semah Laut, Ritual Nelayan Di ” Rokan Hilir ” Riau, semoga bermanfaat buat sobat semua.

Related posts:

error: Content is protected !!